Manfaat Tepung Terigu Bagi Tubuh

Manfaat Tepung Terigu Tepung terigu biasa disebut dengan tepung serbaguna. Karena tepung terigu bisa dijadikan apa saja seperti adonan kue, tepung untuk adonan ayam, dan masih banyak lagi. Tepung terigu juga mengandung gluten yang membuat terigu bisa dijadikan campuran adonan apapun. Gluten sendiri memiliki sifat yang lengket, mengikat air, kedap udara yang bisa membuat adonan menjadi mengembang dan kenyal. Tepung terigu memiliki manfaat  yang cukup baik bagi kita. Antara lain :
  • Barang logam bisa cerah kembali
Jika kita memiliki barang antik yang terbuat dari logam pastinya harus dirawat dengan baik. Agar logam tidak kusam dan berubah menjadi hitam. Namun, jika logam sudah terlihat kusam kita bisa mengembalikan warnanya agar tetap berkilau. Yaitu dengan cara menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan cuka dan garam. Ketiga bahan tersebut digunakan dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Lalu tinggal kita usapkan kepada logam lalu ditunggu hingga mengering dan langkah terakhir di lap kembali dengan kain lap yang lembut.
  • Dijadikan lulur pada tubuh
Kulit tampak putih berseri merupakan salah satu harapan semua wanita. Pada akhirnya banyak wanita yang melakukan perawatan ke salon. Padahal dengan sekali perawatan mereka bisa mengeluarkan uang mulai ratusan ribu hingga bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, apakah kalian tau bahwa tepung juga bisa dijadikan lulur alami dengan harga yang sangat murah meriah ? hanya dengan mengaplikasikan selama 25 menit pada tubuh, kemudian bilas dengan air hangat hasilnya sangat mencengangkan. Kulit akan tampak sedikit lebih bersih dan putih.
  • Mencegah yang digoreng tidak lengket di penggorengan
Menggoreng ikan kadang sangat mengesalkan. Hal yang bisa kita lakukan agar minyak tidak menciprati kita dan wajan agar tidak lengket yaitu dengan memberikan sedikit terigu pada minyak. Kemudian masukkan ikan dalam minyak tersebut. Minyak tidak akan terciprat ke mana-mana. Dan saat ikan akan dibalik atau diangkat tidak akan lengket di penggorengan. Tepung terigu berasal dari pemrosesan biji gandum yang berdampak pada hilangnya kandungan nutrisi dan sudah mengalami banyak pencampuran bahan kimia. Sebenarnya terigu yang sudah diolah hampir tidak memiliki kandungan manfaat sama sekali kecuali asupan karbohidrat, kalori dan protein yang merupakan gluten. Orang yang memiliki masalah diabetes pasti membatasi konsumsi yang terbuat dari terpung terigu seperti, roti, kue kering, cake. Jika ingin mengkonsumsi roti tawar alangkah baiknya untuk memilih roti tawar gandum bukan roti tawar putih. Mengapa ? karena terigu dan olahannya memiliki kandungan gluten yang tinggi. Sehingga makanan tersebut cepat diubah menjadi gula, sehingga bisa menaikkan level gula darah dalam tubuh dengan cepat. Berbeda dengan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh. Gandum utuh tidak akan kehilangan kulit dan lembaganya. Sehingga masih mengandung serat dan nutrisi.
  • Tepung Terigu dan Gangguan Pencernaan
Kandungan gluten yang dimiliki oleh terigu merupakan kelebihan yang dimiliki. Namun, bisa juga menjadi kekurangan. Gluten merupakan protein yang lengket sehingga tidak ramah pada sistem pencernaan manusia. Namun, jika mengkonsumsi terigu rutin setiap hari, gluten dalam terigu dapat berakibat buruk bagi pencernaan. Gluten yang lengket ini sangat lambat untuk bisa dicerna di dalam tubuh. Karena gluten membutuhkan waktu 6 jam untuk bisa dicerna oleh tubuh. Maka jika kita terlalu banyak memiliki tumpukan gluten pada pencernaan maka bisa menyebabkan proses pencernaan tidak lancar dan juga bisa memicu berbagai penyakit pencernaan seperti kanker usus besar, sembelit dan sebagainya.