Manfaat Tepung Tapioka

Manfaat tepung tapioka
Manfaat tepung tapioka
Manfaat Tepung Tapioka Tepung tapioka atau biasa disebut dengan tepung kanji biasa digunakan untuk campuran bahan makanan atau dijadikan bahaan utama dari sebuah makanan. Tepung tapioka sendiri berasal dari singkong. Tepung tapioka juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah campuran atau bahan dasar dalam pembuatan makanan. Namun, selain digunakan untuk bahan dalam pembuatan makanan. Tepung tapioka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain :
  • Menyehatkan Pencernaan Kita
Karena tepung tapioka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dimana serat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan agar tetap lancar. Tepung tapioka sendiri juga dipercaya bisa mencegah sembelit, perut kembung dan kanker usus.
  • Menjaga Tekanan Darah
Tepung tapioka mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dan bisa berdampak baik untuk kesehatan jantung.
  • Dapat Digunakan Untuk Menaikkan Berat Badan
Tepung tapioka bisa dijadikan sebuah solusi untuk orang berbadan kurus yang ingin menaikkan berat badan. Ternyata beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan karbohidrat pada tepung tapioka dapat digunakan untuk menaikkan berat badan. Sehingga cocok dikonsumsi untuk orang yang memiliki badan kurus dan ingin sedikit gemuk.
  • Digunakan Untuk Menambah Nutrisi Pada Tulang
Tepung tapioka manfaatnya tidak hanya itu saja melainkan dapat digunakan juga untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi makanan berbahan dasar tepung tapioka bisa digunakan untuk memadatkan tulang dan mencegah penyakit tulang osteoporosis. Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang diakibatkan karena tulang yang rapuh karena dipengaruhi usia seseorang. Karena tepung tapioka mengandung beberapa zat dan nutrisi seperti, kalsium, zat besi, dan vitamin K yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Mengobati Permasalahan Asam Lambung
Saat ini banyak sekali orang yang memiliki permasalahan dalam asam lambung. Ketika asam lambung naik atau yang biasa kita sebut dengan maag perut terasa nyeri dan tidak nyaman. Banyak faktor yang mengakibatkan terkena maag seperti pola makan yang tidak teratur, konsumsi rokok dan alkohol yang berlebih, pengaruh obat yang agak keras dan juga didukung oleh faktor keturunan. Untuk mengobati masalah asam lambung bisa mencoba untuk mengkonsumsi tepung tapioka karena tepung tapioka berbahan dasar dari singkong. Sedangkan, untuk yang memiliki permasalahan dalam asam lambung makanan yang aman untuk dikonsumsi adalah yang berbahan dasar dari singkong. Oleh karena itu, tepung tapioka aman untuk penderita maag.    
  • Memiliki Rasa yang Netral
Tepung tapioka memiliki rasa netral yang cenderung lebih ke hambar. Hal ini yang membuat tepung tapioka bisa digunakan untuk memasak karena tidak akan mempengaruhi rasa pada masakan. Berbeda dengan tepung – tepung jenis lainnya. Karena rasanya yang hambar tepung tapioka bisa digunakan untuk bahan makanan asin ataupun manis. Yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi tepung tapioka terlalu banyak
  • Para Penderita Diabetes
Karena kandungan karbohidrat pada tepung tapioka cukup tinggi, dan kurangnya kandungan zat gizi lainnya, sehingga untuk penderita diabetes harus membatasi konsumsi tepung tapioka ini. Tepung tapioka memang sangat baik untuk menjaga kandungan gula darah. Tapi, konsumsi dalam jumlah banyak pun sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes. Hal yang ditakutkan adalah justru bisa menaikkan kadar gula darahnya.
  • Orang yang memiliki alergi terhadap lateks buah
Alergi ini tidak berlaku pada semua orang. Karena orang yang memiliki alergi ini sangatlah jarang ditemukan. Alergi ini dikenal dengan sebutan sindrom lateks buah.