Cara Menyimpan Tepung Tapioka yang Benar

Cara Menyimpan Tepung Tapioka yang Benar Hampir sama se
Cara menyimpan tepung tapioka
Cara menyimpan tepung tapioka
perti jenis tepung – tepung lainnya yang bisa rusak jika dibiarkan begitu saja. Tepung tapioka pun juga harus disimpan pada tempat yang tepat dan cara yang benar.  Berikut ini cara – caranya :
  1. Disimpan Pada Wadah yang Tertutup
Setelah kita menggunakan tepung tapioka, maka hal yang harus dilakukan adalah menutup kembali kemasan tepung dengan benar dan rapat. Lalu, tepung bisa disimpan pada wadah yang bisa menutup rapat agar bisa tetap menjaga tepung dalam kondisi baik. Meskipun dalam waktu yang lama.
  1. Disimpan Pada Tempat yang kering
Tepung tapioka merupakan jenis tepung yang sensitif terhadap air. Terkena ir sedikit saja tekstur tepung tapioka akan cepat menggumpal. Jika kita sudah meletakkan tepung pada wadah yang tertutup rapat maka, langkah selanjutnya adalah letakkan tepung pada tempat yang kering. Di tempat yang gelap justru lebih baik seperti diletakkan pada rak dapur. Dan  tidak masalah jika ingin meletakkan tepung tapioka di dekat bumbu masakkan. Karena tepung tapioka tidak mudah terpengaruh oleh aroma yang menyengat. Berbeda dengan tepung terigu yang memang harus di jauhkan dari bau yang menyengat.
  1. Disimpan Dalam Freezer
Masih jarang orang yang menyimpan tepung di dalam freezer. Mereka mungkin masih belum tau jika tepung disimpan dalm freezer akan memperpanjang umur simpan dan juga sekaligus menjaga kualitas tepung itu sendiri. Justru jika kita menyimpan tepung pada suhu yang hangat atau panas akan merusak tekstur dari tepung itu sendiri. Selain cara menyimpan tepung yang harus benar kita harus memperlakukan tepung tapioka dengan baik. Jika kita ingin menggunakan tepung tapioka maka hal yang harus kita lakukan adalah mengambil tepung sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan sendok untuk mengambilnya. Cara Mengolah Tepung Tapioka / Tepung Kanji  /aci Tepung tapioka merupakan salah satu jenis tepung dari sekian banyak yang dapat digunakan untuk membuat makanan. Tepung yang bisa membuat tekstur berubah menjadi kenyal, membuat gorengan menjadi renyah, serta juga bisa digunakan untuk mengentalkan kuah. Sama halnya seperti tepung jagung atau tepung maizena. Namun, jika ingin mengentalkan makanan dengan tepung tapioka maka komposisinya harus sedikit. Berbeda dengan tepung maizena. Karena jika penggunaan tepung tapioka terlalu banyak maka akan mengakibatkan adonan menjadi menggumpal. Jika kita ingin mengencerkan tepung tapioka maka kita harus menggunakan air hangat untuk mempercepat. Jika kita menggunakan air dingin hal yang akan terjadi adalah menggumpal dan susah untuk mencair.
  • Untuk membuat tekstur menjadi kenyal biasanya digunakan untuk aneka adonan bakso, adonan tahu bakso, adonan siomay, adonan sempol ayam,  dan juga digunakan untuk jajanan pasar sepertikue lapis. Namun ada juga makanan yang lebih memanfaatkan sifat kekenyalan dari tepung tapioka untuk dijadikan ciri khas dari makanan tersebut seperti cimol, cilok, cireng, dan masih banyak lagi.
  • Jika menginginkan tepung tapioka untuk merenyahkan makanan biasanya digunakan untuk membuat gorengan. Namun, untuk adonan tepungnya sendiri tidak hanya menggunakan tepung tapioka saja. Melainkan juga mengkombinasi antara tepung terigu dan tepung beras.biasanya gorengan yang menggunakan tepung kombinasi antara tepung terigu, tepung beras dan tepung tapioka ini adalah peyek, kremesan pada ayam goreng, tahu isi dan masih banyak lagi.
  • Dan yang terakhir adalah kegunaan tepung tapioka yang berfungsi untuk mengentalkan kuah. Biasanya kuah yang menggunakan tepung tapioka sebagai pengental adalah kuah ronde, atau kuah bubur grendul ( candil ).