Manfaat Tepung Tapioka

Pasti kalian sudah gak asing lagi dengan yang namanya tepung tapioka atau Aci. Saat ini banyak sekali olahan makanan yang berbahaan dasar dari Aci atau tepung tapioka.

Olahan makanan yang berbahan dasar Aci atau tepung Tapioka :
  1. Cireng
Cireng merupakan singkatan dari Aci digoreng. Makanan ini sendiri berasal dari Jawa Barat. Cara membuatnya yang cukup sederhanan dan bahan yang digunakan cukup mudah untuk dicari maka banyak sekali yang menjual Cireng ini. Cara membuat cireng sendiri yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mencampur aci, daun bawang yang telah diiris – iris, bumbu penyedap ( garam, lada, micin ), bawang putih dan yang terakhir air hangat. Setelah semua bahan tercampur dengan rata maka siap dibentuk seperti bentuk – bentuk cireng pada umumnya. Adonan cireng yang sudah dibentuk biarkan terlebih dahulu di suhu ruang atau bisa dimasukkan kedalam lemari es agar bentuk cireng tidak berubah. Ketika cireng sudah siap panaskan minyak goreng dengan api kecil, ketika minyak sudah panas masukkan cireng tadi secara perlahan. Goreng hingga cireng menjadi kering. Saat ini cireng yang dijual dalam bentuk frozen food mulai marak dikalangan masyarakat. Dan rata – rata cireng yang dijual dalam bentuk frozen food sudah dilengkapi bumbu cireng yang memiliki rasa pedas manis.  
  1. Cilok
Jajanan satu ini merupakan singkatan dari Aci Dicolok. Bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan cilok pun sama dengan pemnbuatan cireng yang bahan utamanya adalah tepung Aci atau tepung tapioka. Yang membuat berbeda adalah dari proses pembuatan dan bentuknya. Cilok bentuk pada umumnya adalah bulat , dan dalam membuatnya cilok tidak digoreng melainkan direbus. Adonan cilok yang sudah dibentuk bulat dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Tanda – tanda cilok yang sudah matang adalah akan muncul di permukaan air atau mengambang. Jika sudah menunjukkan ciri – ciri tersebut maka bisa langsung di tiriskan. Untuk bumbu cilok sendiri berbeda dengan cireng. Bumbu cilok yang digunakan adalah bumbu kacang.  
  1. Cimol
Aci merupakan singkatan dari Aci digemol. Bentuknya hampir mirip seperti cilok yaitu bulat. Namun, untuk cimol teksturnya hampir mirip seperti cireng yaitu kering. Dalam membuat cimol adonan tepung aci atau tapioka ditambah tepung terigu agar memberikan tekstur kering ketika digoreng dan cimol menjadi kopong. Untuk bumbu yang digunakan pada cimol biasanya adalah bumbu bubuk yang beraneka rasa seperti pedas, jagung bakar, keju dan lain – lain. Cimol sendiri merupakan jajanan kering tidak seperti cilok yang merupakan jajanan basah.  
  1. Cilor
Cilor merupakan singkatan dari Aci Telor. Untuk pembuatan cilor kita harus menyiapkan telor. Pertama – tama kita harus membuat adonan aci yang nantinya akan di campur dengan telor. Adonan aci kadang dibentuk kotak atau bulat. Namun, paling banyak adonan aci dibentuk kotak seperti dadu. Setelah dibentuk kita harus memasaknya dengan cara digodok hingga matang. Setelah adonan aci tadi matang kita bisa mencampurnya dengan telor. Lalu kita goreng menggunakan cetakan berbentuk lingkaran. Setelah matang kita bisa menambahkan bumbu seperti cabe bubuk ataupun saus – saus lainnya sesuai selera.  
  1. Baso Aci
Yang terakhir ada baso aci. Baso aci merupakan bakso yang adonannya terbuat dari tepung Aci atau tepung tapioka yang diberi kuah khas dari baso aci. Perbedaan baso aci dengan baso daging selain terletak pada bahan baku yaitu terletak pada kuah yang kaya akan rempah – rempah.