Mengenal Macam - Macam Keju

Pasti kita semua sudah mengenal yang namanya keju. Nah keju sendiri ternyata memiliki banyak jenis lho.. tidak hanya keju cheedar dan macam keju mozarella saja yang kita ketahui. Ada apa aja sih jenis – jenis keju mozarella ?

  1. Keju Cheddar
Keju cheddar ternyata memilliki asal usul nama yang berasal dari inggris, yaitu diambil dari nama desa cheddar di somerset. Keju cheddar merupakan salh satu jenis keju yang sering kita temui di supermarket maupun pasar tradisional di Indonesia. Keju cheddar sendiri dikategorikan ke dalam jenis keju yang memiliki tekstur keras. Namun, keju cheddar sendiri biasanya dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kue atau makanan. Keju cheddar ternyata memiliki usia lho ? jadi untuk usia keju cheddar yang sudah tua biasanya menunjukkan warna yang kuning dan tekstur lebih keras. Lalu untuk keju cheddar yang masih muda memiliki warna putih gading dengan tekstur yang lebih lunak. Untuk harga keju cheddar relatif lebih murah dibandingkan dengan keju lainnya.  
  1. Keju Mozarella
Keju Mozarella berasal dari negara Italia. Maka dari itu pizza selalu diberi tambahan topping keju mozarella. Keju mozarella sendiri terbuat dari campuran susu sapi ataupun susu kerbau yang di proses sehingga mendapatkan tekstur keju yang lembut dan lunak. Oleh karena itu, saran penyajian keju mozarella yang tepat adalah ketika masih dalam keadaan yang hangat. Agar mendapatkan tekstur mozarella yang lembut dan juga mendaptkan sensasi keju yang molor. Pada umumnya keju mozarella digunakan untuk topping pizza, lasagna dan dimakan dengan saus tomat. Namun, saat ini sudah banyak yang mengkreasikan keju mozarella menjadi produk yang baru dan berbeda dari sebelum – sebelumnya.  
  1. Keju Parmesan
Keju parmesan juga merupakan salah satu keju yang terkenal. Keju parmesan berasal dari kota Parma, Italia. Keju Parmesan sendiri berasal dari susu sapi. Untuk proses pembuatan keju parmesan sendiri memakan waktu yang bervariasi mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. Untuk tekstur dari keju parmesan sendiri tergolong padat, namun keju ini lebih sering dijual di toko – toko bahan kue dalam bentuk bubuk dan dijadikan taburan keju untuk berbagai macam makanan. Atau dijadikan juga campuran dari sebuah masakan.
  1. Keju Edam / Keju Tua
Mayarakat indonesia banyak menyebut keju Edam ini dengan sebutan keju tua. Yang dimana keju tua ini biasanya banyak yang mencari ketika musim lebaran tiba. Karena digunakan untuk campuran kue kering yang bernama kastengels. Namun, mengapa di beri nama keju edam ? karena keju ini berasal dari daerah yang bernama Edam yang terletak di Belanda. Untuk tampilan dan bentuk dari keju Edma / keju tua ini sangat berbeda. Karena keju edam memiliki bentuk mirip dengan buah apel dan pada kulit luarnya terdapat warna merah yang terbuat dari parafin atau malam. Keju edam / keju tua sendiri juga cocok digunkan untuk diet karena memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Namun, untuk keju ini tidak cocok untuk dikonsumsi langsung. Alangkah baiknya kalau di olah terlebih dahulu menjadi camilan ataupun cookies.
  1. Keju Emmental
Keju ini merupakan keju yang biasanya sering kita temui pada kartun to  and jerry. Yang dimana bentuk keju ini berlubang membentuk ruang. Lubang ini dihasilkan dari gas karbondioksida dari campuran bakteri. Keju inipada umumnya dijadikan sebagai pelengkap untuk lapisan burger, sandwich dan masih banyak lagi.